Tuesday, April 21, 2009

Melakukan Posting Artikel Melalui Microsoft Office


Pada artikel kali ini, anda akan mempelajari bagaimana melakukan posting artikel menggunakan microsoft office word. Versi apakah yang sudah mensupportnya ? Khusus Microsoft Office 2007 yang bisa digunakan untuk melakukan posting artikel secara langsung, tanpa anda membuka halaman blogger.com. Syarat mutlak yang harus anda penuhi selain mempunyai program MS Office 2007 adalah koneksi ke internet, karena MS Word akan melakukan verifikasi secara online sebelum artikel anda dipublish.
OK, saya akan menunjukkannya untuk anda, silahkan mengikuti tutorial berikut!
Pertama kali yang anda lakukan adalah cek internet koneksi anda, apakah benar-benar sudah tersambung ke internet ? Kalau memang sudah siap, coba buka MS Word 2007 anda, kemudian klik File New dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.



Nah pada gambar diatas terdapat 2 pilihan Blank document dan New blog post, silahkan pilih New blog post kemudian klik create, setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini.




Anda akan diminta untuk meregistrasikan blog account anda, kemudian klik Register Now, setelah itu muncul gambar dibawah ini.



Silahkan pilih Account Blog anda, jika menggunakan blogspot maka pilihlah Blogger, jika menggunakan wordpress maka pilihlah wordpress dan sebagainya.Selanjutnya klik Next, dan anda diwajibkan untuk mengisi username dan password anda. Username dan password ini sama dengan username dan password anda ketika membuka blogger atau wordpress. Setelah anda masukan username dan password klik OK dan akan muncul kotak dialog yang menanyakan Picture Option yang menanyakan dimana anda meletakkan gambar-gambar yang akan dijadikan bahan suatu artikel. Apabila anda memiliki sendiri pilih My Own Server dan jika tidak pilih None - Don't upload pictures.Dan ketika anda memilih My Own Server, maka anda harus mendefinisikan dimana letak gambar tersebut disimpan. Selanjutnya klik OK, dan akan muncul kotak dialog yang menanyakan konfirmasi dari Word bahwa username dan password anda akan dikirim melalui word dan ada kemungkinan orang lain bisa mengetahui username dan password anda. Jika anda setuju klik Yes. Selanjutnya akan muncul kotak dialog baru (Choose a Blog), anda tinggal memilih blog mana yang akan diaktifkan. Ini jika anda mempunyai banyak nama blog dalam satu account, jika hanya mempunyai satu blog yang muncul cuman satu. Setelah anda klik Ok, maka anda akan masuk ke halaman penulisan artikel.



Anda tinggal masukkan judul artikelnya di kotak [Enter Post Title Here] dan mulailah menulis artikel. Setelah artikel selesai anda tuliskan, langkah selanjutnya adalah mem-publish tulisan anda, klik menu Publish (pojok kiri atas) dan anda akan diminta menuliskan username dan password pada kotak dialog sebagai konfirmasi ulang setelah itu, anda klik OK maka artikel anda sudah sukses ter publish di blog anda.

Selamat Mencoba dan mempraktekan...

Wassalam,

2 comments: