Thursday, April 23, 2009

Mengenal Tab Menu Settings Blogger.com

Mulai tutorial kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai pengenalan tab-tab menu di blogger.com. Pada saat anda login di blogger, anda akan dibawa kedalam halaman utama yaitu halaman dashboard, nah ketika anda klik salah satu menu yang ada di dashboard entah itu New Post, Edit Post, Setting atau Layout, anda akan dibawa ke halaman yang sama namun beda tab menu, kalau anda klik New Post atau Edit Post anda akan dibawa ke halaman menu tab Posting, jika anda klik Setting maka anda akan dibawa ke halaman menu tab Settings dan seterusnya. Nah pada tutorial kali ini akan dibahas secara jelas menu tab Settings.

Pada tab menu Settings terdapat beberapa sub tab menu, yaitu Basic, Publishing, Formatting, Comments, Archiving, Site Feed, Email & Mobile, OpenID dan Permissions. Anda akan mendapatkan penjelasan masing-masing sub tab menu Settings dibawah ini.
Pada sub menu Basic terdapat beberapa pengaturan yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi blog anda. Blog Tools digunakan untuk import blog, export blog dan delete blog. Sepertinya
sudah sangat jelas kegunaan masing-masing komponen dalam Blog Tools, yang dilakukan hanyalah klik pada salah satu komponen yang anda inginkan. Pada baris kedua ada Title yang digunakan untuk memberikan judul blog anda, bukan judul masing-masing artikel ya ! Selanjutnya ada Description yaitu untuk menjelaskan isi dari blog yang anda buat.Lalu ada pilih yes, karena blog anda akan langsung di-link-kan ke halaman depan blogger. Add your blog to our listingLet search engines find your blog pilih yes untuk keperluan search engine mengindex blog anda. Show quick editing on your blog pilih yes, ini akan memudahkan anda untuk melakukan pengeditan sesaat setelah anda login.Show email post link pilih No, adalah pengaturan untuk melindungi artikel anda, agar pengunjung tidak dengan mudah mengemailkan artikel anda ke orang lain. Adult content pilih No. Untuk Global Setting biarkan sesuai defaultnya blogger, setelah semua pengaturan dilakukan jangan lupa untuk menyimpannya.
Selamat mencoba...

Wassalam,


No comments:

Post a Comment