Thursday, April 30, 2009

Mengenal Menu Layout Blogger

Pada tutorial kali ini, anda akan mempelajari menu Layout pada menu blogger. Pada menu Layout terdapat 3 sub menu yaitu Page Elements, Fonts and Colors, Edit HTML dan Pick New Template. Oh ya, menu Layout ini bisa diakses pada saat login atau saat anda berada dalam halaman Posting. Seperti terlihat dalam gambar dibawah ini.


Menu Layout pada saat setelah login


Menu Layout pada halaman Posting

Ada empat sub menu yang ada dalam menu Layout, oh iya menu Layout inilah yang nantinya berfungsi untuk mengubah tampilan blog anda. Page Element digunakan untuk menseting posisi gadget yang akan ditambahkan atau yang eksisting. Pada halaman Page Element, anda bisa menambahkan untuk menghilangkan gadget sesuai dengan kebutuhan blog anda. Gambar dibawah ini adalah salah satu contoh halaman Page Elements.

Tampilan halaman Page Element

Dalam halaman Page Elements dibagi menjadi 4 bagian utama yaitu Header, main, sidebar dan footer.

Jika anda klik link edit pada bagian header, maka akan muncul pop up window. Dimana anda bisa mengganti judul blog, deksripsi blog anda, memberikan gambar (image) di header dengan ukuran lebar sesuai dengan lebar header dan pengaturan gambarnya juga bisa disesuaikan. Setelah klik SAVE, maka hasil perubahan anda sudah disimpan ke dalam server blog. Oh iya, untuk ukuran gambar yang akan anda upload dalam header akan disesuaikan, tergantung dengan lebar header yang telah didefinisikan dalam templatenya.

Di bagian main (blog post), jika diklik pada link edit, maka akan muncul pop up window yang terdiri dari beberapa pengaturan seperti tanggal, komentar dan sebagainya, termasuk pengaturan letak tanggal, komentar dan sebagainya. Dan jangan lupa untuk klik SAVE untuk menyimpan hasil pengeditan anda.

Dibagian sidebar adalah untuk melakukan pengaturan gadget apa yang akan anda munculkan dalam blog, misal visit counter, kalender, YM online dan sebagainya. Sidebar pada umumnya terdiri dari 1 yaitu di sebelah kanan atau lebih dikenal sebagai Right Sidebar, namun ada beberapa template yang menyediakan 2 Sidebar, di sebelah kiri dan kanan. Namun, kalau anda sudah ahli mengotak-atik script html nya, maka anda bisa menambahkan sendiri sidebar sesuai dengan kebutuhan blog anda. Di bagian sidebar ini, anda bisa menambahkan apapun termasuk script pemrograman ringan menggunakan javascript.

Pada sub menu Fonts and Colors, anda bisa merubah jenis font, ukuran font dan warna, baik warna font maupun warna background. Setiap perubahan yang anda lakukan, langsung bisa di preview di halaman bawah. Namun, yang perlu dicatat adalah semua template mengakomodir kebutuhan ini. Ada beberapa template yang hanya bisa merubah font dan colornya melalui script di sub menu edit HTML.

Pada halaman Edit HTML, anda bisa melakukan editing template sesuai dengan tema tulisan blog anda. Apakah anda perlu menguasai pemrograman ? Itu akan lebih baik, bagaimana dengan anda yang tidak bisa menguasai pemrograman ? Anda tidak perlu khawatir, karena di internet terdapat banyak sekali blog template yang gratis dan bagus. Salah satunya adalah www.finalsense.com, www.eblogtemplates.com dan sebagainya.Yang anda lakukan adalah download scriptnya, kemudian pada halaman Edit HTML anda tinggal upload file template yang baru saja anda download.Atau kalau anda mengerti pemrograman anda bisa buka dulu templatesnya menggunakan notepad++, kemudian edit bagian yang anda inginkan. Setelah itu select all, copy dan paste kan pada form edit templates. Dan jangan lupa untuk SAVE TEMPLATE untuk menyimpan script pemrograman yang sudah anda edit tadi.

Pick New Template anda pilih jika anda ingin kembalikan template blog anda ke default template blogger. Untuk menyimpan template anda yang baru, anda tinggal klik SAVE TEMPLATE.

No comments:

Post a Comment