Monday, May 25, 2009

Menambahkan Visitor Counter Pada Blog Anda


Pada postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan jumlah pengunjung (visitor counter) di blog anda ? Pertama yang perlu kita perhatikan adalah tata letak (layout) dari penempatan visitor counter tersebut, apakah di sebelah kiri atau kanan ? Tetapi semua itu tergantung kepada template yang kita pilih.

Untuk mempermudah pembahasan, saya menggunakan layout yang saya gunakan untuk blog yukbelalajarblog ketika masih default. Bisa dilihat gambar dibawah ini layout nya.

Masih ingat dengan gambar disamping ? Ya, itu adalah menu Layout sub menu Page Element. Disinilah kita bisa menambahkan atau merubah tata letak atau Gadget (dalam blogger yang lama dikenal sebagai page element). Jika add a gadget di klik, maka akan muncul kotak dialog yang berisi pilihan sesuai dengan yang kita kehendaki.
Kita bisa menambahkan apa saja sesuai dengan kebutuhan, dan bagusnya blogger sarana tersebut sudah diakomodir, jika ingin menambahkan gambar tinggal klik add a picture dan sebagainya.
Nah, bagaimana caranya untuk menambahkan visitor counter di halaman blog anda ? Caranya yaitu dengan meng klik add a gadget, lalu pilih menu html/javascript dengan mengklik linknya atau tanda + ! Jadi akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Ketika muncul windows pop up, maka yang harus anda klik adalah html/javascript. Berbeda dengan penyedia blog gratis yang lain, blogger membolehkan kita untuk menaruh javascript atau html, sehingga blog kita bisa lebih interaktif. Dalam tutorial kali ini, saya akan menambahkan visitor counter di blog. Apa sih sebetulnya kegunaannya ? Sesuai dengan namanya, visitor counter berarti berapa banyak pengunjung yang telah mengunjungi blog anda. Ini sangat bermanfaat karena anda bisa mengetahui data statistik pengunjung anda. Jumlah pengunjung yang telah mengunjungi blog anda lebih dikenal dengan istilah trafik. Setelah mengklik html/javasript, maka akan muncul windows seperti dibawah ini.

Nah, di form inilah anda bisa menambahkan javascript/html pada kolom content, untuk kolom title boleh dikosongkan. Kalau anda telah mahir dalam membuat script pemrograman, anda bisa langsung ketikkan scriptnya. Namun apabila anda tidak menguasai bahasa pemrograman, anda tidak perlu berkecil hati. Karena kalau anda rajin search di google, maka akan ada banyak sekali site yang memberikan script pemrograman gratis.
Ketika anda ketikan "visitor counter script" ternyata ada sekitar 72 jutaan web yang menyediakan, banyak sekali bukan ? Anda cukup memilih salah satunya saja yang free ! Salah satunya yang saya pakai di blog ini adalah histats.com, anda tinggal create user atau daftar, setelah login, daftarkan blog anda setelah itu ikuti petunjuk berikutnya, terakhir anda bisa memilih tipe seperti apa yang ingin anda tampilkan di blog anda. Setelah selesai maka akan muncul script pemrograman, tinggal anda select all dan copy lalu anda paste kan di form content pada window javascript/html tadi. Setelah itu klik menu save, maka script anda sudah disimpan di blog, sekarang tinggal anda cek blog anda.
Jika anda berkeinginan untuk melakukan bisnis online, maka dengan adanya visitor counter akan menambah kepercayaan pengunjung anda terhadap blog anda.


1 comment:

  1. thanks buat infonya... mau tanya untuk masukkan iklan biar kita dapet uang dari pemasangan iklan gimana caranya ya??? thanks..

    ReplyDelete