Friday, April 17, 2009

Langkah Pertama Membuat Blog


Apa yang diperlukan untuk membuat blog ? Disini akan diajarkan cara membuat blog menggunakan blog gratis dalam hal ini Blogger.com atau blogspot.com. Persiapan apa yang diperlukan untuk mendaftarkan atau memiliki account di blogger ? Syaratnya cuman satu ! Anda harus memilik
i email dari google mail. Kalau anda belum memiliki email dari gmail, silahkan anda buat email (klik disini) untuk membuat email di gmail. Ikuti langkah-langkahnya saat pengisian form di gmail.com, dan anda harus menyetujui Term of Service nya google, setelah anda klik tombol I accept. Create my account. Maka anda segera memiliki email account di gmail. Setelah anda memiliki email account di gmail, akan memudahkan dalam pendaftaran account di blogger. Ikuti langkah-langkahnya :

Isikan email account (gmail) dan passwordnya di bagian yang saya tandai dengan kotak berwarna merah,lalu klik sign in !


Setelah itu akan muncul kotak yang berjudul Sig
n up for blogger (step create account), yang perlu diperhatikan adalah isian pada baris Display Name tidak boleh kosong, jadi harus diisi. Sebaiknya display name ini sama dengan nama account anda di google mail agar mudah diingat. Karena akan digunakan saat masuk ke blogspot. Dan jangan lupa untuk mencentang acceptance of term, kemudian klik continue.



Setelah itu akan muncul step 2 (name blog), dimana anda diwajibkan untuk mengisi kolom blog title dan blog address. Blog title diisikan dengan judul blog anda nantinya, penulisannya bebas. Nantinya bisa dilakukan pengeditan apabila anda kurang sreg dengan judul blognya. Yang tidak kalah penting adalah mengisikan blog address, ini yang nantinya digunakan oleh orang-orang untuk mengakses web blog kita, formatnya adalah blogadress.blogspot.com. Anda bebas memilih blog address, namun jangan lupa untuk mengecek ke
tersediaan blog address yang anda masukkan ! Cara mengeceknya mudah, setelah anda masukkan web address yang diinginkan, kemudian klik check availability (terletak di bawah persis kolom web address) saya tandai dengan kotak merah.


Step selanjutnya adalah memilih template yang sesuai dengan tema yang akan anda tuliskan di blog anda. Secara default, blogger menyediakan 12 templates, namun anda bisa mengganti template tersebut kapan saja anda mau dan desaian yang seperti apa yang anda inginkan. Jadi pemilihan template yang sekarang ini sifatnya sementara dan harus dipilih salah satu agar pembuatan blog anda segera di create oleh blogger.
Klik pada salah satu template, kemudian klik tombol continue.
Dengan klik tombol continue, maka anda telah berhasil membuat blog. Jika anda ingin langsung menulis ? Klik tombol start blogging !

Silahkan mencoba....

Wassalam,

No comments:

Post a Comment