Sunday, April 19, 2009

Posting Blog


Bagian terpenting dari suatu blog adalah postingan suatu artikel, blog tidak akan ada artinya jika didalamnya tidak terdapat satu pun posting artikel. Walaupun secara tampilan bagus, eye catching dan terkesan canggih karena banyaknya animasi dan script program, yang terjadi adalah web informasi tersebut statis. Karena statis maka mesin pencari seperti yahoo, google, MSN dan sebagainya tidak akan mengunjungi website kita. Jadi kuncinya adalah sering-sering lah update artikel di blog, sehingga disenangi oleh mesin pencari kata. Kalau disenengi mesin pencari kata, ada kemungkinan trafik pengunjungnya akan naik signifikan.

Ok, mari kita lanjutkan tutorial hari ini dengan bagaimana memosting suatu artikel dalam blog. Saya akan tunjukan melalui gambar agar mudah dipahami dan bisa segera dipraktekkan. Sebenarnya blog yang paling mudah dibuat dan bisa segera praktek adalah blogspot, ya yang sedang kita pelajari saat ini. Tidak usah mengerti script sama sekali sudah bisa menuliskan postingan artikel.

Gambar disamping menunjukkan dimana kita bisa menuliskan suatu artikel, Menu Tab yang paling atas adalah Posting, Setting, Layout dan Monetize. Di artikel kali ini, kita fokuskan pada menu tab Posting. Dibawah Tab Menu Posting ada sub menu Create, Edit Posts dan Comment Moderation.
Untuk membuat artikel baru pada menu tab Posting, pilih sub menu tab Create. Hal yang perlu diperhatikan sebelum anda menuliskan artikel adalah pastikan anda berada di sub menu tab Compose bukan di sub menu Edit Html ! Dengan berada di sub menu Compose, anda akan dengan mudah menggarange tulisan gambar, spasi, font, warna, link dan sebagainya. Metode yang digunakan pada sub menu tab Compose adalah WYSIWYG (What You See Is What You Get), jadi apa yang ada di tampilan akan sama persis ketika sudah dipublish. Ok, saya akan menerangkan satu per satu menu-menu yang ada di Sub Menu Tab Create,
  1. Titleadalah judul artikel blog dan judul ini juga bisa dijadikan sebagai nama link dari judul artikel anda. Format link nya adalah namabloganda.blogspot.com/tahun/bulan dalam dua angka/judul artikel.html untuk judul artikel, spasi akan digantikan oleh tanda minus (-). Berarti untuk judul artikel diatas dalam link dituliskan sebagai http://yukbelajarblog.blogspot.com/2009/04/posting-blog.html
  2. Font, secara default adalah arial, namun anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda. Font pilihannya adalah arial, courier, Georgia, Lucida Grande, Times, Trebuchet, Verdana dan Webdings. Klik di halaman posting dan anda tinggal tentukan fontnya.
  3. Font Size, tepat disebelah kanan pilihan font, ada lima ukuran size, smallest, small, normal, larger dan largest
  4. Bold Font, adalah untuk menebalkan kata-kata tertentu, caranya masuk ke dalam artikel, pilih kata yang akan dirubah ketebalannya lalu klik b pada sub menu Bold Font.
  5. Italic Font, adalah untuk memiringkan kata-kata tertentu, caranya sama dengan point 4 diatas.
  6. Font Color, adalah untuk merubah warna pada kata-kata tertentu, caranya sama dengan point 4 dan 5 diatas.
  7. Link, digunakan untuk me link-kan suatu kata ke dalam web address yang lain atau web address internal, caranya sama dengan point 4, 5 dan 6 tinggal mengisikan URL yang dituju
  8. Alignment, adalah untuk kerapihan suatu artikel ada 4 pilihan yaitu rata kiri, tengah, kanan dan justify.
  9. List, adalah untuk membuat urutan, terdapat dua pilihan number list atau bullet list
  10. Add Image, untuk menambahkan gambar di halaman posting. Ada beberapa pilihan untuk penempatan gambarnya yaitu none, left, center dan right.
  11. Add Video, untuk menambahkan video di halaman posting.
  12. Preview, sebelum anda publish posting artikel anda, ada baiknya ada klik preview untuk melihat hasil tulisan anda, siapa tahu ada yang kurang pas.
Untuk post option yang berada di bawah adalah kustomisasi dari komentar dan tanggal posting. Demikian, silahkan mencoba dan mempraktekkan...

Wassalam,

4 comments: